Selayang Pandang

Di tengah jaman yang serba modern dan berbagai macam peralatan yang serba canggih, ternyata masih banyak orang yang tinggal di dalam kegalauan. Entah itu masalah keluarga, pekerjaan, asmara, dan masalah lain yang bisa membuat hati seseorang berdiri di atas rasa bimbang, ragu dan putus harapan. Cara - cara tiap individu dalam menyikapi ada yang cara yang benar dan positif, tentu hasil yang di dapat juga positif. Tetapi jika seseorang sudah benar-benar di tengah kekalutan dan jiwa keimanannya tipis, maka cara menyikapi masalah cara yang salah dan negatif. Dan kita yakini juga yakin pula hasil yang di capai juga akan salah atau bahkan juga bisa menyusahkan seseorang tersebut

Rabu, 03 Agustus 2011

Contoh RPP Agama Islam (MTs)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

Nama Sekolah : Madrasah Tsanawiyah

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Kelas/Semester : VII / I

Standar Kompetensi : Mampu mengenal sejarah masyarakat Arab pra-Islam.

Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan kondisi masyarakat Arab pra-Islam.

Alokasi Waktu :

Pertemuan : 1 kali pertemuan

Indikator Keberhasilan : - Menghindari kebiasaan sifat tercela yang dilakukan masyarakat Arab pra-Islam.

- Menghindari sifat-sifat tercela dari pasukan Abraha.

- Mencontoh ketabahan Nabi Muhammad SAW pada masa anak-anak.

I. Tujuan Pembelajaran.

Setelah selesai mengikuti pelajaran “Kondisi masyarakat Arab pra-Islam” siswa dapat menjelaskan kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam, adat istiadatnya, peristiwa penyerangan pasukan gajah ke Mekkah.

II. Materi Pembelajaran.

Kondisi masyarakat Arab pra-Islam.

a. Pengertian.

Letak Negara Arab termasuk di wilayah Negara Timur Tengah disebut Jazirah Arab, yang luasnya 3.156.558 km2. Sepertiganya lautan pasir/padang gurun.

b. Kepercayaan.

Agama Jahiliyah ini paling banyak dianut oleh bangsa Arab termasuk suku Quraisy sebelum mereka memeluk agama Islam.

c. Adat istiadat masyarakat Arab.

Sebelum agama Islam lahir kebiasaan/adat istiadat bangsa Arab adalah melakukan apa saja yang disenangi dan tidak dipandang itu halal atau haram.

III. Startegi Pembelajaran

- Ceramah, demontrasi, penugasan.

IV. Media dan Sumber Pembelajaran.

- Buku Sejarah Kebudayaan Islam Jilid I untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas VII.

- Ensiklopedia Islam untuk pelajar.

V. Langkah-langkah Pembelajaran.

a. Kegiatan Awal.

- Bertanya kepada siswa sekitar kondisi masyarakat Arab pra-Islam.

- Mengarahkan siswa agar menyimak penjelasan cara menghindari kebiasaan tercela yang dilakukan masyarakat Arab pra-Islam.

b. Kegiatan Inti.

- Siswa menjauhi perbuatan tercela yang dilakukan oleh masyarakat Arab pra-Islam.

- Siswa menjauhi sifat-sifat tercela dari pasukan Abraha.

- Siswa meneladani ketabahan Nabi Muhammad SAW pada masa anak-anak.

c. Kegiatan Akhir.

- Memberikan tugas supaya mencari informasi sekitar ikhtibar dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam.

VI. Penilaian Akhir.

a. Teknik : Tes tertulis, Tugas-tugas.

b. Bentuk Instrumen : Uraian.

c. Contoh Instrumen :

Tes tertulis.

1. Sebutkan 3 jenis pemujaan bangsa Arab sebelum Islam !

2. Apa yang dimaksud dengan darahim ?

3. Siapakah yang membawa berhala Hubbai ke Mekkah ?

4. Sebutkan 3 macam berhala yang besar !

5. Sebutkan 3 adat istiadat yang baik bagi bangsa Arab ?

Pedoman Penilaian.

Sistem penscoran tes tertulis = 100

Jumlah soal 5 nomor = Jumlah yang benar : Jumlah soal x 100 ( 3 x 5 x 100 = 6.00 )

Bobot Nilai setiap soal = 1

Mengetahui :

Kepala MTs …………………………

…………………………………..

NIP.………………………………

Guru Mata Pelajaran

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar