Selayang Pandang

Di tengah jaman yang serba modern dan berbagai macam peralatan yang serba canggih, ternyata masih banyak orang yang tinggal di dalam kegalauan. Entah itu masalah keluarga, pekerjaan, asmara, dan masalah lain yang bisa membuat hati seseorang berdiri di atas rasa bimbang, ragu dan putus harapan. Cara - cara tiap individu dalam menyikapi ada yang cara yang benar dan positif, tentu hasil yang di dapat juga positif. Tetapi jika seseorang sudah benar-benar di tengah kekalutan dan jiwa keimanannya tipis, maka cara menyikapi masalah cara yang salah dan negatif. Dan kita yakini juga yakin pula hasil yang di capai juga akan salah atau bahkan juga bisa menyusahkan seseorang tersebut

Senin, 04 Oktober 2010

Membangun Citra Diri

Citra diri Anda adalah sebuah gambaran mental yang Anda ambil untuk diri Anda sendiri, dan tanpa disadari, gambaran mental ini menjadi dasar bagi Anda dalam bertindak dan mengambil keputusan pada seluruh aktivitas Anda.
Gambaran mental ini bisa berupa keberhasilan atau kegagalan dimasa lalu, penampilan fisik yang Anda perkirakan, tentang apa yang dipikirkan oleh rekan rekan atau lingkungan tentang diri Anda.

Orang-orang dengan citra diri positif memiliki ciri-ciri : mereka menghargai orang lain sebaik mereka menghargai diri sendiri. Mereka selalu memberikan upaya terbaik dalam segala aktivitas yang dilakukannya terkait dengan perannya di masyarakat, seperti : sebagai pebisnis, sebagai karyawan, sebagai orang tua, suami dsb.

Orang orang yang memiliki citra diri positif, selalu bekerja menuju kearah pencapaian kehidupan yang lebih baik, dan selalu mendorong orang orang disekitarnya untuk juga menikmati keberhasilan seperti dirinya.

Orang orang dengan citra diri negatif, sebagian besar adalah orang orang yang gagal atau paling baik, hidup dalam kondisi pas pasan saja.Mereka memiliki rasa tidak puas terhadap diri mereka sendiri. Dan menganggap bahwa dunia sebagai penjara dimana mereka harus tinggal didalamnya hingga ajal menjemput...

Cara membangun citra diri positif :
1. Selalu berpikir positif dalam menghadapi segala hal :
Apakah Anda berpikir bahwa sesuatu itu bagus atau buruk, bergantung pada cara kita memandang situasinya.
2. Buatlah iklan singkat tentang diri anda sendiri : rekap kelebihan kelebihan Anda, dan bacalah daftar tersebut tiap hari. Hal hal yang dapat didaftar misalnya : inisiatif Anda, bakat yang Anda miliki, kejujuran, kesediaan untuk membantu orang lain, dan lain lain.
3. Selalu menganggap penting tiap orang yang berhubungan dengan Anda tiap harinya. Perlakukan mereka sebagai individu yang penting, diperlukan, dan Anda akan merasa lebih baik terhadap diri Anda sendiri.

Sumber : "The Magic Of Getting What You Want" by David J. Schwartz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar